Semarang Sembarang

"Jesika, libur agustusan ga ada cita-cita mau pergi kemana gitu?"

"Mau kemana, emang?"

"Jogja? Mana aja deh, yang penting naik kereta."

Kira-kira gitulah asal muasal liburan mendadak dangdut kami di bulan Agustus kemaren, asal browsing tiket ke Jogja, yah ternyata ga kebagian, ke Solo ga ada juga, sisa Semarang tapi udah sounding kalo ga usah berharap banyak ke Semarang. Cuma tetep aja pergi sih, belum pernah pergi kesana juga, sekalian nganterin aku yang kampung ini karena seumur-umur belum pernah naik kereta. :')

Akhirnya tiket kereta kebeli meski pake drama ga bisa duduk bareng berempat (Jesika, Tifani, Bebek, ini nama panggilan sayang aku buat mereka in daily basis) soalnya seat yang tersisa mencar-mencar meski 1 gerbong, yang mana ga terbukti karena kami bisa duduk berempat sampe akhir di perjalanan berangkat, hoho.


Jesika, Clara, Tifani, & Bebek

Tiket kereta udah clear, sekarang hotel yang musti dipikirin. Di tengah meeting mingguan kantor, aku dan Jesika browsing-browsing Traveloka buat nyari hotel atau penginepan mana yang bisa tersedia, yang pada akhirnya aku serahkan penuh keputusan padanya buat booking saking males mikirnya, toh yang penting bisa tidur nyaman dan ada air panasnya.



#17Agustus2018
Kami pasrah berangkat tanggal 17 Agustus jam 4 sore dikarenakan keadaan, apalagi kalo bukan karena tiket kereta yang kesisa cuma tanggal segitu, mau gimana lagi? 

Mana pas di kosan, sejam sebelum keberangkatan aku juga sempet dikagetin perkara hairdryer memercikkan api kemudian meleduk dan berakhir dengan purna tugasnya hairdryer pink kesayangan yang sudah menemaniku selama 5 taun, #sedih yang bikin akhirnya aku lari-lari telat ke ujung gang, karena yang lain udah pada nunggu di dalem grab sementara aku belum muncul-muncul juga, maap teman-teman!

Perjalanan di grab lumayan lancar, mas grab yang baik dan sabar dengerin aku yang (selalu) banyak omong, becanda ga penting tapi masih aja disahutin sama Jesika dan Bebek, Tifani mah senyum-senyum doang, dia. Lalu dateng momen terkampung dalam hidupku...

Ga ngerti caranya ngeprint tiket kereta 😂😂😂😂

Pengen jerit karena malu ga sih? Asli, aku yang semenjak turun dari grab udah ngekor di belakang Jesika kemana-mana, pas dia dengan lancar dan lihai ngeprint, aku dengan bodohnya cuma berdiri doang di depan komputer padahal udah ada 2 mas-mas ngantri di belakang.

Jesika : "Ayo, Cla."

Clara : *tiba-tiba auto freeze* "Ini, gimana sih?"

Nyengir ga berdosa minta digampar.

Jesika : *Ngakak jahat*

Sempet juga bego dengan polosnya jalan ngelewatin hampir 10 gerbong sambil bawa ransel dobel (soalnya Tif dan Jes sholat, jadi aku sama Beb nyambi jadi porter mereka berdua), pas udah sampe gerbong  paling ujung baru kami berdua sadar kalo.... SALAH GERBONG, DONG. Jadilah balik lagi 12 gerbong ke tempat yang seharusnya, kkkkkk. #mantapjiwa

Pengalaman pertama kali naik kereta?

Asique, lebih enak naik kereta daripada bus patas sih kalo aku. Biarpun main hape, aku ga begitu pusing. Cocoklah naik kereta, bisa diulang lagi kapan-kapan~

Perjalanan Surabaya - Semarang sekitar 4 jam, sekitar jam 7 malem lebih dikit kami akhirnya nyampe juga di Semarang, yayyyy! Karena kami udah sepakat untuk backpacker-an, begitu turun dari kereta, langsung... makan! Dan lanjut ke kota lama untuk bakar kalori nasi goreng kambing yang oke itu.






Girang ga kekontrol







Nasi goreng mbek yang patut dicoba









Kami nginep di Hommy Inn Semarang, harganya sungguh bersahabat, tempatnya bersih. Kalo keliatan dari luar emang tempatnya biasa aja dan cenderung terlihat jadul padahal kalo masuk ke dalem sama sekali ga kayak gitu. Nyaman dan bisa diulang lagi kalo-kalo ke Semarang.





#18Agustus2018
Semua berhasil bangun pagi dan siap berangkat dari sebelum jam 8 pagi, ga ada drama-drama susah dibangunin atau berantem ga mau mandi~ *tepuk tangan* . Karena judulnya traveling ala backpacker, udah pasti bakalan banyak jalan kakinya. Jadi untuk memantapkan tema liburan, kami jalan kaki dong dari penginapan sampe Simpang Lima buat nyari sarapan. Yang ternyata ga ada apa-apa di Simpang Lima karena kami kepagian,  berakhir dengan milih makan mekdi buat mereka bertiga dan dunkin buat aku.





Setelah kenyang tapi ga bahagia-bahagia amat karena porsinya dikit, kami-kami yang mulai malas jalan kaki ini (jaraknya jauh, gaes!) akhirnya memutuskan untuk selalu nge-grab, hahaha. Dan tujuan pertama adalah...


Lawang sewu

Sepakat dari awal kalo kami butuh tour guide, biar berfaedah liburannya, ga cuma dateng, foto-foto, liat-liat sekilas dan ga ada cerita apa-apa. Kebetulan di Lawang Sewu disediain tour guide, bapak baik hati dan lucu yang aku lupa namanya, sekarang mau whatssap yang lain pun aku yakin merek bertiga juga lupa siapa nama bapak tour guide-nya :| (maafkan, pak.. Clara emang suka lupa nama tapi inget wajah)

Diceritain deh Lawang Sewu itu kenapa dibangun, sama siapa, berapa lama ngebangunnya. Maaf ya aku ga cerita di sini, kalo pengen tau bisa google atau sekalian ke Semarang dan sewa tour guidenya, regular day cuma 50k, tapi kalo high season nampaknya bisa jadi 70k. Lah, kenapa jadi promosi, Clar?!





















lubang di dinding aja bisa keliatan bagus, apalagi lubang hati. Egimana?

Jangan tanya kenapa fotonya kebanyakan foto seadanya dan ngeblur, dari awal kami dateng udah diwanti-wanti ga boleh songong dan aneh-aneh. Jadi aku yang penakut ini jepret keadaan seadanya dan bersyukur dengan sangat ga ada objek aneh-aneh yang tertangkap kameraku.




Kampung Warna-Warni

Puas di Lawang Sewu, kami akhirnya pindah tempat. Niatnya mau ke Gereja Katedral seberang Lawang Sewu, tapi pas aku cek ombak ke parkiran gereja, ternyata ada misa, yang tentu saja ga bisa diganggu apalagi difoto-foto. Bisa dibilang melanggar norma yang berlaku nanti. Jadi skip Gereja Katedral, jajan pinggir jalan trus ke Kampung Warna-Warni, nge-grab lagi pastinya.

Sayangnya, kenyataan ga seperti dalam angan. Dari yang Jesika bilang, di foto keliatan bagus, pas nyampe dan diliat langsung... zonk, dong! Ga menarik sih kalo aku boleh jujur, ga terawat juga, banyak sampah geletakan, tapi tetep bikin jompo juga kalo ditelusurin ini jalanan.



Jompo beneran

Ice cream to the rescue!




Sam Poo Kong

Hari itu panas bangetttttt, lebih panas dan bikin emosi dari ngeliat mantan punya pacar baru ataupun diselingkuhin dia yang katanya ga bisa hidup tanpa kamu. Asli, gila sih panasnya.. nusuk ke ubun-ubun, bikin mendidih tapi ga bikin luntur semangat buat foto-foto juga~



Panas tapi disuruh pose

Kami terlihat bahagia, belom tau aja kalo kerjaan di kantor numpuk

Mendadak double chins

Wk

Kaki pendek yang sotoy sok nyampe padahal susah payah

Ini sebenernya rombongan anak sekolah, tapi aku nyempil aja gitu, gabung ga tau diri :D

Minta difotoin sama anak sekolah tadi




Masjid Agung Jawa Tengah









Kota lama



















Liburan yang super singkat ini kami manfaatin dengan baik, full day out. Mulai dari pagi cakep-cakep, wangi, kenyang dan semangat sampe tengah malem kucel, bau matahari, laper dan kangen kasur. But it was really fun holiday, Jesika yang mirip emak-emak ngangon anak-anaknya, Bebek yang strong, selalu jalan duluan, Tifani si bendahara yang sigap dengan rekening koran otomatisnya, dan Clara yang ngikut aja kemanapun kepala suku melangkah :)))

Sebagai penutup, kami sempe ke Pecinan, surga makanan~ Udah ga sempet foto-foto, karena capek, laper, di tengah kerumunan banyak orang. Pokoknya, liburan ke Semarang bisa diulang lagi!

Galau mau makan apalagi



Ga tau kenapa, tiap kali mulai jalan kaki, aku dan Tifani selalu berakhir jalan berdua beriringan, ninggalin Jesika dan Bebek di belakang. Padahal kami berdua ini ga tau arah, ga tau tujuan dan lemah dalam hal membaca peta, juga cinta. Alhasil, tiap kali kami mulai sotoy jalan duluan, Jesika langsung neriakin sambil melotok bak mamak-mamak galak di mall yang nge-gep-in anak-anaknya meleng.

Jesika : "HEY, KALIAN MAU KEMANA?"

Clar & Tif : "Eh?" *saling liat2an*

Clar & Tif : "salah jalan, salah jalan."

BHAIQUE.


Belom lagi teknik menyebrang jalan yang aku dan Tifani punya lumayan sotoy dan mencemaskan.


*Clara hampir disenggol motor dari kanan*

Tifani : *refleks narik*

Jesika : "CLA, AWAS!"

Clara : "ya ampun, aku hampir tersambar."

Jesika : "Heh, hati-hati, heh! Nanti kalo ada kebaret aku yang dituntut tante Irawan, bahaya!"

OKE.

Comments

Popular Posts